Intel Umumkan Arsitektur Generasi Baru, Sunny Cove


Intel Umumkan Arsitektur Generasi Baru, Sunny Cove

Intel akhirnya beralih dari arsitektur Skylake. Pertama kali diumumkan di 2015 dengan prosesor generasi ke-6, Skylake sejak saat itu menjadi basis chip generasi penerus, termasuk Kaby Lake, Coffee Lake, dan Whiskey Lake.

Sebagian alasanya adalah kesulitan Intel untuk menghadirkan prosesor 10 nm Canon Lake sesuai jadwal. Rencana awalnya adalah memperbarui Skylake 14 nm dengan Cannon Lake 10 nm, tapi mengingat proses pabrikasi 10 nm diundur hingga akhir 2019, Intel terpaksa tetap menggunakan proses pabrikasi 14 nm lebih lama dari dugaan. Dengan demikian, konsumen hanya mendapatkan peningkatan yang tidak terlalu besar. Kaby Lake menambahkan kecepatan clock lebih tinggi dan akselerasi hardware lebih baik untuk codec video modern dan Coffee Lake berisi lebih banyak core, tapi tidak menyuguhkan peningkatan performa signifikan dalam hal Instruction per Cycle (IPC).

Kini, Intel siap meninggalkan Skylake. Di ajang Architecture Day di A.S., Intel mengumumkan Sunny Cove, mikroarsitektur CPU generasi barunya yang hadir untuk meningkatkan performa per clock dan efisiensi daya untuk tugas komputasi umum.

Prosesor anyar ini masih turunan Skylake, tapi menurut Ronak Singhal, Director Architecture Cores Group Intel, Sunny Cove akan lebih “dalam, lebar, dan pintar”. Artinya, ia mampu mengeksekusi lebih banyak instruksi secara paralel dan latensi lebih rendah berkat ukuran cache lebih besar. Chip tersebut juga berfitur desain 5-wide, dibandingkan dengan desain 4-wide pada Skylake, sehingga mampu menjalankan lebih banyak operasi secara paralel.

Perubahan lainnya adalah Sunny Cove bakal memiliki dua unit lebih banyak untuk menangani instruksi LEA – sebuah instruksi x86 yang bisa melakukan sejumlan operasi aritmatika, termasuk menghitung alamat memori – dan pengacakan vektor. Itu berarti lebih banyak opsi saat menangani instruksi out-of-order yang memberikan paralelisme lebih besar.

Dengan penambahan instruksi khusus baru untuk mengakselerasi enkripsi dan kompresi data, Sunny Cove seharusnya menyuguhkan performa lebih baik dalam tugas khusus seperti kriptografi dan machine learning. Tersedia pula dukungan untuk instruksi AVX-512 yang melibatkan segalanya mulai dari aritmetrik vektor umum hingga neural network.

Menurut Intel, instruksi baru tersebut memberikan hingga 75 persen keunggulan dibandingkan dengan CPU Intel sejenis saat ini saat melakukan encoding 7-Zip menggunakan AES-256. Meski demikian, demo tersebut menggunakan versi 7-Zip yang telah dibuat untuk memanfaatkan keunggulan instruksi Sunny Cove, sehingga performa sebenarnya tidak jauh berbeda.

Selain itu, Sunny Cove kini mendukung jauh lebih banyak memori, tapi saat ini Anda belum bisa merasakan manfaatnya. Ruang alamat memori telah ditingkatkan dari 48-bit menjadi 57-bit yang berarti peningkatan dukungan memori fisik 256 TB menjadi 4 PB.

Intel telah merencanakan CPU Intel Core berbasis Sunny Cove meluncurkan di semester kedua 2019. Willow Cove akan menyususl di 2020 yang mengusung cache baru, fitur keamanan lebih kuat, dan optimalisasi transistor. Di 2021, Intel akan meluncurkan Golden Cove, juga dengan peningkatan fitur keamanan. Meski demikian, Golden Cove juga menjanjikan peningkatan performa thread tunggal, kemampuan machine learning, dan performa jaringan dan 5G lebih gesit.

Chip Xeon juga akan diuntungkan oleh Sunny Cove. Setelah Cascade Lake dan Cooper Lake, akan ada Xeon Sunny Cove berjuluk Ice Lake.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir