Kabel Bawah Laut Microsoft-Facebook Mampu Transmisikan Data Hingga 160 Tbps


Kabel Bawah Laut Microsoft-Facebook Mampu Transmisikan Data Hingga 160 Tbps

Microsoft mengumumkan selesainya kabel bawah laut Marea, sebuah proyek bersama dengan Facebook dan perusahaan infrastruktur telekomunikasi global Telxius, yang perlu waktu dua tahun untuk menyelesaikannya.

Suresh Kumar, Microsoft Corporate Vice-President untuk operasi dan infrastruktur cloud, mengatakan bahwa kabel bawah laut tersebut merupakan yang paling canggih dalam hal teknologi yang membentang di bawah samudra Atlantik dan memiliki panjang lebih dari 6600 km dan berbobot sekitar 4,65 juta kg – atau sekitar 34 ekor paus biru.

Kabel tersebut bisa mentransmisikan hingga 160 terabits data per detik sehingga membuatnya 16 juta kali lebih cepat daripada rata-rata koneksi internet serat kaca. Pada kecepatan tersebut, ia mampu mengirimkan 71 juta video definisi tinggi secara simultan.

Microsoft mengkonstruksi kabel untuk meningkatkan platform Microsoft Cloud. Kumar menyatakan “kami terus meningkatkan penawaran Microsoft Cloud dan membangun infrastruktur global pada tingkatan baru untuk memungkinkan koneksi lebih cepat dan bisa diandalkan.”

Sumber: Microsoft

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir