Kacamata Pintar Epson Permudah Terbangkan Drone


Kacamata Pintar Epson Permudah Terbangkan Drone

Sepak terjang kacamata pintar Epson Moverio dimulai pada tahun 2011 melalui BT-100 yang dilengkapi dengan teknologi micro projection dan kontroler kecil berbasis sistem operasi Android. Tiga tahun kemudian, perangkat wearable tersebut memiliki penyempurnaan lewat Moverio BT-200 yang menampilkan ukuran layar virtual lebih besar demi pengalaman penggunaan lebih baik. Pada tahun 2016, Epson menghadirkan Moverio Pro BT2000 yang ditujukan untuk penggunaan industri serta tahan terhadap hampir segala kondisi ekstrim.

Tahun ini, Epson kembali mengenalkan kacamata pintar mereka dengan nama Moverio BT-300. Sebagai sang penerus BT-200, BT-300 menggunakan teknologi Si-OLED sehingga mampu menampilkan rasio kontras lebih baik serta mengusung reproduksi warna lebih cemerlang. Selain itu, BT-300 juga mengantungi resolusi 1,8 kali lebih tinggi dibandingkan dengan pendahulunya (720p vs QHD). Dengan peningkatan tersebut, Epson Moverio BT-300 lebih andal ketika diaplikasikan dalam pemakaian apapun termasuk bekerja, kegiatan belajar/mengajar, berwisata, kesehatan, hingga penggunaan ketika mengakses drone.

Memikul paten teknologi optikal dan presisi eksklusif Epson, Moverio BT-300 dibekali dengan micro projector yang ditempatkan pada setiap sisi sehingga memproyeksikan lapisan atas transparan dari konten digital secara langsung. Kacamata pintar yang berjalan di atas sistem operasi Android 5.1 Lollipop tersebut memiliki kamera beresolusi 5 MP serta sensor mutakhir yang mampu mendeteksi dimensi dan posisi ruang obyek yang saling terhubung.

Dalam hal desain, BT-300 memiliki desain lebih kecil dan ringan dibandingkan pendahulunya sehingga lebih mudah ketika digunakan untuk bekerja ataupun bermain. Tampilan Augmented Reality (AG) pada kacamata pintar ini mampu meningkatkan efisiensi para pekerja melalui kemampuan real time display untuk aneka ragam industri seperti pergudangan, logistik, manufaktur, perhotelan, dan lain-lain.

Pada awal artikel, kami sempat menyinggung bahwa kacamata pintar Epson Moverio dirancang juga untuk mengendalikan drone sehingga pengguna dapat melihat langsung arah terbang drone sekaligus manyaksikan tampilan gambar yang direkamnya.

Dengan demikian, Epson bekerjasama dengan pabrikan drone terkenal, DJI, untuk mengembangkan aplikasi kacamata pintar Moverio sehingga mampu menambah keamanan, produktifitas dan pengalaman seperti untuk hobi dan profesional. Menggunakan aplikasi DJI Go yang dapat diunduh secara gratis, Moverio BT-300 mampu memberikan pilot drone pengalaman mengendarai drone yang lebih baik dari sebelumnya.

Kami pun memiliki kesempatan untuk mengendalikan drone yang telah terhubung ke Epson Moverio BT-300. Ketimbang menggunakan smartphone untuk menampilkan apa yang direkam drone, kami merasa lebih nyaman menggunakan BT-300 lantaran tidak perlu bolak-balik melihat antara posisi drone dan smartphone.

Moverio BT-300 telah tersedia di salah satu mitra Epson, Wearinasia (wearinasia.com), pada kuartal pertama tahun 2017 dengan banderol harga 13,7 juta rupiah.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir