LG dan Qualcomm Bekerjasama Kembangkan Teknologi Kendaraan Terhubung


LG dan Qualcomm Bekerjasama Kembangkan Teknologi Kendaraan Terhubung

LG Electronics mengumumkan kerjasama dengan Qualcomm untuk mengembangkan solusi mobil terhubung generasi baru. Kedua perusahaan juga akan mendirikan pusat riset bersama di Korea Selatan guna mengembangkan 5G untuk teknologi kendaraan dan C-V2X (Cellular Vehicle-to-Everything) yang penting bagi kesuksesan kendaraan otonom generasi baru.

Bagi yang belum tahu, 5G mampu merealisasikan hingga 5 kali kecepatan teknologi LTE tercepat saat ini, tapi dengan latensi 10 kali lebih rendah. Implikasinya berdampak luas bagi perusahaan apa pun yang tertarik mengembangkan kendaraan yang benar-benar terhubung dan otonom.

C-V2X sacara garis besar digunakan untuk menghubungkan kendaraan ke segalanya, baik itu kendaraan di jalanan, trotoar, infrastruktur, atau jaringan lalu-lintas. Hal tersebut merupakan komponen penting untuk memungkinkan kendaraan otonom yang aman. Sebagai bagian dari 3GPP (Third Generation Partnership Project) Release 14, C-V2X menggandakan waktu operasional dengan biaya lebih rendah daripada DSRC (Dedicated Short Range Communications) dibandingkan dengan jaringan komunikasi mobile yang ada. Di sebagian Eropa dan Asia, pengujian lapangan dan aktivitas standarisasi telah dilakukan dan siap diluncurkan pada 2020. Baik LG dan Qualcomm telah secara aktif mengembangkan sistem V2X dan Qualcomm telah memiliki solusi komersial dalam bentuk chipset Qualcomm 9150 C-V2X.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir