LG V30S ThinQ Hadir dengan Kamera Berkemampuan AI


LG V30S ThinQ Hadir dengan Kamera Berkemampuan AI

Apa yang Anda lakukan jika produk unggulan belum siap diumumkan, tapi tidak ingin terlihat tertinggal dari pesaing? Hadirkan pembaruan sementara pada model produk terbaru sepertinya bisa menjadi solusi. Tampaknya itulah yang dilakukan LG melalui V30S ThinQ.  

LG V30S ThinQ memiliki kesamaan dengan V30 dan secara umum memiliki perbedaan di tiga area yakni artificial intelligence, memori dan media penyimpanan, serta warna baru Platinum Gray dan Moroccan Blue.

Fitur unggulannya hadir dengan sebutan Vision AI yang dibangun berdasarkan software buatan startu fotografi asal Berlin, EyeEm. LG berkerjasama dengan EyeEm untuk melatih algoritma pengenalan gambar di lebih dari 100 juta foto, lalu mengumpulkan pengetahuan tersebut untuk mendukung fitur AI Cam, Qlens, dan Brigh Mode.

Berikut adalah penjelasan fungsi fitur-fitur tersebut:

  • AI Cam: menganalisa obyek gambar dan mengatur seting untuk hasil optimal. Fitur ini mempertimbangkan sudut padnang, warna, pantulan, tingkat cahaya dan saturasi untuk hasil terbaik.
  • QLens: memindai sesuatu dan memunculkan tautan untuk membelinya secara online di Amazon. Integrasi Pinterest juga memunculkan gambar serupa seandainya Anda tertarik.  
  • Bright Mode: menggunakan algoritma untuk mencerahkan gambar hingga dua kali lipat guna mendapatkan foto lebih baik pada kondisi cahaya remang dengan noise lebih rendah.

Saat AI Cam berjalan, keyword akan muncul di bagian bawah layar sehingga Anda bisa melihat jalan pikiran kamera saat bekerja. Anda bisa langsung mengetahui apakah kamera mampu mengenali sebuah scene dengan benar.

Kini tengah menjadi tren untuk menggunakan AI mobile untuk meningkatkan performa fotografi, demikian pula dengan LG yang turut mengikuti arus tren tersebut. AI Cam saat ini mengenali obyek atau scene dalam 8 kategori, termasuk orang, binatang, kota/gedung, bunga, matahari terbit, matahari tenggelan, makanan, dan landscape.

Seluruh pemrosesan terjadi secara lokal pada hardware smartphone, sehingga tidak perlu mengirimkan apapun ke cloud.

Secara default, AI Cam belum diaktifkan sehingga Anda perlu mengaktifkannya secara manual saat meluncurkan aplikasi kamera. Hal yang sama berlaku untuk QLens yang bisa ditemukan di samping opsi untuk AI Cam.

Bright Mode juga bisa menjadi fitur berguna. Bright Mode meningkatkan eksposur foto dengan mengombinasikan empat piksel menjadi satu pada kondisi cahaya remang, tapi kekurangannya Anda mesti menerima penurunan resolusi.

Yang membingungkan adalah beberapa pembaruan software tersebut bakal hadir pula untuk V30 (dan kemungkingan V30+), sehingga sepertinya fitur baru AI tidak membutuhkan hardware baru.

LG V30S dilengkapi dengan memori RAM 6 GB (bukan 4 GB seperti V30) dan kini hadir dengan opsi media penyimpanan berkapasitas 128 GB atau 256 GB (bkan 64 GB atau 128 GB).

Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah Voice AI yang memungkinkan Google Assistant mengenali perintah suara khusus untuk perangkat. Saat ini ada 23 perintah suara termasuk memerintahkan Assistant untuk mengambil selfie sudut lebar atau video dokumenter (menggunakan mode video LG Cine).

LG V30S ThinQ meluncur di Korea Selatan bulan depan, tapi belum ada informasi seputar harga.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir