Menggelegar dengan Creative Sound BlasterAxx


Menggelegar dengan Creative Sound BlasterAxx

Dua puluh tiga tahun silam Creative memperkenalkan kartu suara Sound Blaster 1.0 untuk PC IBM. Bahkan jika ditelusuri lebih jauh lagi Creative Music System sudah berdiri selama dua puluh lima tahun lamanya. Mengusung kompatibilitas AdLib penuh dan fitur lainnya seperti co-processor audio untuk playback dan perekaman, dan port game untuk menghubungkan joystick, seri SoundBlaster pertama dan rangkaian produk sesudahnya terus mendominasi pasar kartu suara. Bagi yang akrab, Creative bahkan telah melahirkan sejumlah legenda kartu suara seperti Sound Blaster 16, Sound Blaster AWE32 (dan 64) dan Sound Blaster Live!. Namun sejak awal tahun 2000an, jumlah pembeli kartu suara mulai menurun lantaran banyak pabrikan yang mengintegrasikan codec (lalu chipset audio terintegrasi) ke dalam motherboard buatan mereka. Tapi toh keluarga Sound Blaster tidak lenyap begitu saja. Sejak itu Sejak itu, kita mulai mengenal seri Sound Blaster Audigy dan Sound Blaster X-Fi. Dan tahun lalu, lahir Sound Blaster Recon 3D yang dipersenjatai chip quad-core Sound Core3D. Menurut Creative, tak kurang dari empat ratus juta Sound Blaster telah terjual di seluruh dunia.

Kini, Creative tak hanya dikenal dengan kartu suara Sound Blaster. Mereka juga membuat berbagai perangkat hiburan personal dan speaker seperti rangkaian Pure Wirelss. Dan hari ini, Creative memperkenalkan Sound BlasterAxx, perangkat audio eksternal yang dirancang tak hanya untuk PC dan Mac tapi juga gadget populer seperti Apple iPhone dan iPad, ponsel Android dan tablet.

Hadir dalam bentuk menara heksagonal, Sound BlasterAxx menawarkan pengalaman mendengar serba intuitif dan praktis. Sebut saja kontrol sentuh kapasitif dengan backlight, instalasi via dongle USB hingga koneksi USB atau USB power adapter sebagai sumber daya. Sebagai dapur pacu, Sound Blaster Axx menggunakan chip processing audio multi-core SB-Axx1 (Sound Blaster “Axxelerated). Detil chip ini masih sedikit namun pihak Creative menyatakan bahwa ini adalah pertama kalinya bagi sebuah solusi enhancement audio bisa menjembatani beragam platform dan jaringan audio dan komunikasi.

Sound BlasterAxx adalah salah sistem speaker tunggal pertama yang menjanjikan playback audio untuk musik, film, dan game Anda. Untuk suara stereo , ia mengadopsi sepasang driver speaker dengan desain “stereo susun” (sekilas mirip speaker Creative ZiiSound T6). Selain itu, tersedia juga konektifitas audio nirkabel Bluetooth dan mikrofon ganda untuk kemudahan melakukan panggilan suara atau video. Di samping sejumlah fitur standar seperti Vopice Focus dan Noise Reduction, ada juga fitur VoiceFX yang memungkinkan penambahan efek pada suara pengguna. Bayangkan saja, Anda bisa mengubah suara pria menjadi wanita atau sebaliknya dan membuat bingung teman saat ngobrol di telepon.

Sound Blaster Axx akan tersedia dalam tiga varian. Sound BlasterAxx SBX 20 dan SBX 10 dibekali dengan dukungan USB 2.0 dan Bluetooth dan menggunakan aplikasi Creative Central untuk mengkustomisasi audio pada perangkat iOS atau Android. Di luar itu, SBX 8 lebih dperuntukkan bagi penggunaan di komputer dan karenanya hanya dilengkapi port USB 2.0. ia juga hanya memiliki satu buah mikrofon, bukan dua seperti dua varian lainnya. Ketiga model ini akan dipasarkan masing-masing seharga Rp. 3,1 juta, Rp. 2,1 juta, dan Rp. 1,4 juta untuk SBX 20, SBX 10, dan SBX 8 dan rencananya baru akan mulai tersedia di Indonesia pada awal Oktober.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website Creative

 

Sumber: Creative

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir