Microsoft Umumkan Microsoft Teams, Ruang Kerja Digital Berbasis Chat


Microsoft Umumkan Microsoft Teams, Ruang Kerja Digital Berbasis Chat

Setelah diperkenalkan sebagai versi beta pada awal November tahun lalu, Microsoft Teams hari diumumkan secara resmi di beberapa negara termasuk Indonesia. Microsoft Teams disiapkan sebagai solusi terhadap beragam kendala komunikasi saat menggunakan layanan lainnya seperti email dan berbagi file di lingkungan kantor. Microsoft Teams didesain untuk menyediakan cara lebih mudah bagi sekelompok pekerja yang tergabung di dalam sebuah tim untuk berkomunikasi dan berkolaborasi melalui layanan chat.  

Hasil studi “Asia Workspace 2020” yang melibatkan 4200 karyawan profesional dari 14 negara Asia termasuk Indonesia (312 responden) mengungkapkan bahwa 85% responden di Indonesia menganggap dirinya sebagai pekerja mobile dan menghabiskan setidaknya 20% waktu di luar kantor untuk bekerja. Meski demikian, hanya 58% responden yang merasa dipersiapkan oleh budaya organisasi dan atasan untuk bisa bekerjasama secara produktif dan kolaboratif. Studi tersebut tidak hanya mengungkapkan perubahan cara kerja karyawan, tapi juga para karyawan menghargai integrasi antara kerja dan kehidupan sosial.

“Asia telah menjadi kawasan yang paling terhubung - dengan lebih dari setengah koneksi mobile dunia akan berasal dari Asia pada 2021, sehingga organisasi perlu memikirkan kembali bagaimana mereka memberdayakan tenaga kerja untuk memaksimalkan potensi mereka. Hal ini juga termasuk memungkinkan kolaborasi dari mana saja, pada perangkat apapun,” kata Davina Yeo, Chief Operating Officer, Microsoft Indonesia.

Davina menambahkan bahwa penting bagi para pemimpin bisnis untuk mengevaluasi dan menerapkan perubahan untuk melawan tantangan budaya dan manajemen yang menghambat karyawan untuk bekerja secara lancar dari mana pun mereka berada, yang nantinya dapat menghambat pertumbuhan dan kemajuan organisasi di era digital.

Microsoft Teams memungkinkan pengguna membuat Teams yang masing-masing merupakan sebuah hub atau pusat bagi percakapan kelompok. Untuk memberikan kemudahan, percakapan disajikan dalam bentuk thread yang mengalir dari atas ke bawah. Microsoft Teams juga mendukung percakapan suara atau video via Skype.

Platform Microsoft Teams bukan sekadar hub atau pusat percakapan. Microsoft Teams terintegrasi dengan produk Office 365 sehingga terhubung dengan layanan Microsoft Office lainnya seperti Word dan Excel serta layanan berbagi file dan penyimpanan cloud seperti SharePoint. Layanan lain yang terintegrasi dengan Microsoft Teams termasuk PowerPoint, OneNote, Planner, hingga Power BI.

Di sisi keamanan, percakapan di dalam Microsoft Teams telah dienkripsi, dan jika seorang karyawan mengundurkan diri, akunnya dihapus namun riwayat percakapan tetap tersimpan. Microsoft Teams mendukung standar global utama termasuk EU Model Clauses, ISO 27001, SOC 2, HIPAA.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba chat-based workspace terbaru dapat mencoba menggunakan Microsoft Teams sekarang. Untuk rincian lebih lanjut tentang Microsoft Teams, kunjungi blog resmi Microsoft di sini.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir