MSI Umumkan Kartu Grafis GeForce RTX 2080 Ti Lightning Z


MSI Umumkan Kartu Grafis GeForce RTX 2080 Ti Lightning Z

NVIDIA GeForce RTX 2080 Ti bisa jadi merupakan puncak dari performa enthusiast, tapi pabrikan kartu grafis kustom selalu mencari cara untuk meningkatkannya lebih menarik. MSI tampil maksimal dengan GeForce RTX 2080 Ti Lightning Z, sebuah kartu grafis yang memancarkan kemewahan dan mengusung sistem pendingin ekstensif serta overclock pabrikan yang agresif.

Kartu grafis besutan MSI ini mengusung boost clock 1770 MHz, peningkatan menarik dibandingkan dengan 1545 MHz pada model Founders Edition.

Jubah pendingin hitam-emas menambahkan kesan premium dan terdiri dari tiga kipas Torx 3.0 dengan ball bearing ganda untuk meningkatkan durabilitas. Kipasnya terdiri dari dua kipas 100 mm dan satu 90 mm, serta dirancang untuk mengarahkan udara secara lebih efektif saat meniup sirip heatsink. Komponen heatsink juga dilengkapi dengan sesuatu yang disebut MSI sebagai sirip “bersisi tangguh” yang seharusnya mampu memandu aliran udara ke heatsink dengan lancar sehingga mengurangi suara.

Heatsink tersebut di pasangkan dengan dua heat pipe tembaga 8 mm dan enam heat pipe tembaga 6 mm yang membantu menyalurkan panas ke heatsink. MSI mengklaim desain besutannya mampu menyuguhkan pelepasan panas hingga 700 Watt. MSI tidak menggunakan pendekatan kontak langsung antara heat pipe dengan chip GPU, tapi lebih memilih bantalan tembaga berlapis nikel yang menempel pada chip GPU dan menyalurkan panas ke heat pipe. Selain itu, MSI menyatakan lebih memilih thermal paste dengan kualitas lebih tinggi yang lebih tahan lama.

MSI juga memperhatikan penampilan kartu grafis ini. Komponen kipas dilengkapi dengan sejumlah kustomisasi visual, di mana Anda bisa mengendalikan warna dan memilih berapa banyak bilah kipas yang terlihat. Selain itu, tersedia layar Dynamic Dashboard OLED yang menampilkan informasi secara real-time maupun animasi kustom.

Sebagai pelengkap, kartu grafis ini mengusung backplate yang terbuat dari 90 persen karbon agar kartu grafis terlihat lebih ramping dan kuat.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir