Netflix Kini Mendukung Video HDR di Windows 10


Netflix Kini Mendukung Video HDR di Windows 10

Kini, Anda bisa menonton Netflix dalam HDR di Windows 10 PC. Raksasa layanan streaming tersebut hari ini mengumumkan penambahan dukungan High Dynamic Range (HDR) di Windows 10, langkah yang telah lama dinanti setelah dukungan video HDR hadir di smarpthone dan TV.

Namun, Anda mesti memenuhi persyaratan software dan hardware spesifik sebelum bisa melakukan streaming konten HDR dan tidak semudah hanya memiliki layar yang kompatibel dengan HDR10.

Pertama, Anda mesti menjalankan Windows 10 Fall Creators Update dan melakukan streaming Netflix melalui aplikasi Netflix dari Windows Store atau browser Edge. Sayangnya, tidak tersedia dukungan untuk Chrome.

Di sisi hardware, Netflix mensyaratkan prosesor Intel Core generasi ke-7 atau lebih tinggi dan Anda perlu menggunakan kartu grafis NVIDIA berbasiskan Pascal seperti GeForce GTX 1050 atau lebih tinggi (minimal VRAM 3 GB). Jika tidak, Anda mesti mengandalkan solusi grafis reintegrasi karena belum ada dukungan untuk kartu grafis AMD.

Meski demikian, tampaknya itu hanya sebatas tidak adanya kerja sama antara Netflix dan AMD, bukan karena keterbatasan hardware. GPU terbaru besutan AMD dan NVIDIA keduanya telah mendukung kedalaman warna 10-bit, sehingga kartu grafis AMD secara teknis seharusnya mendukung stream Netflix HDR.

Yang pasti, dukungan video HDR di PC masih dalam tahap awal tapi bisa menjadi langkah penting ke arah pengadopsian lebih luas di sisi pengembang software dan pabrikan hardware PC.

Dan dengan kehadiran standar VESA untuk DisplayHDR dan dukungan monitor yang kompatibel, maka dukungan video HDR di PC kian meluas.

Sumber: Netflix Tech Blog (Medium)

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir