Pasar Smartphone Global Terus Menurun, Pengapalan Samsung Turun 13,4%


Pasar Smartphone Global Terus Menurun, Pengapalan Samsung Turun 13,4%

Masa depan pasar smartphone di tingkat global sepertinya suram karena terus mengalami penurunan di empat kuartal secara beruntun menurut data terbaru firma riset IDC.

Pabrikan smartphone diperkirakan telah mengapalkan 355,2 juta unit di Q3 atau turun 6% dari tahun-ke-tahun (YoY). Penurunan tersebut diakibatkan oleh Samsung dan pasar China. IDC mengklaim pada kuartal ke-3 ini Samsung mengalami kesulitan dengan penurunan pengapalan menjadi 72,2 juta unit atau turun 13,4%. Pangsa pasarnya juga tergerus oleh merek asal China (Xiaomi, Oppo, Vivo) di pasar negara berkembang seperti India dan Indonesia.

China, yang merupakan wilayah pasar dengan konsumsi smartphone terbesar, menunjukkan penurunan pengapalan hingga 11% di semester pertama 2018. Itu merupakan kuartal ke-7 berturut-turut yang mengalam kontraksi pasar.

“Pasar domestik China terus mengalami tantangan karena belanja smartphone konsumen secara umum telah turun,” kata Ryan Reith, Program Vice President IDC Worldwide Mobile Device Trackers. “Tingkat penetrasi tinggi, dicampur dengan keadaan ekonomi menantang, telah melambatkan pasar smartphone terbesar di dunia tersebut.”

Huawei mempertahankan posisi keduanya dengan pengapalan smartphone 52 juta unit, mengalahkan Apple untuk dua kuartal berturut-turut. Smartphone unggulan seri P dan seri M membuat Huawei tetap kompetitif di segmen kelas atas, sedangkan merek Honor terus tampil baik di pasar negara berkembang. Apple bisa menyalip Huawei dan Samsung karena baru saja meluncurkan iPhone model baru di lebih banyak wilayah pasar.

Sumber: IDC

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir