Pembajakan Musik Diklaim Turun Tahun Lalu


Pembajakan Musik Diklaim Turun Tahun Lalu

 

Berita yang sangat mengejutkan datang dari Federasi Internasional Industri Rekaman (IFPI) melaporkan bahwa pendapatan musik global telah meningkat 0,3 persen pada tahun 2012 hingga mencapai US$ 16,5 miliar. Terakhir kali bisnis musik berkembang adalah tahun 1999 dan pendapatan musik global telah menurun secara konsisten sejak itu.

Pada saat yang bersamaan, analis industri dari NDP Group telah melaporkan dalam Stui Musik Tahunan 2012 bahwa 'sharing musik ilegal menurun secara signifikan pada 2012" di AS. Menurut NPD, jumlah konsumen yang memkaia layanan P2P untuk mengunduh musik turun 17 persen pada 2012. Selain itu, mereka juga menyebutkan bahwa "file musik ilegal yang diunduh dari layanan P2P juga menurun 26 persen."

Efek ini kemungkinan disebabkan kebangkitan layanan streaming legal dan gratis seperti Spotify yang mulai populer sejak tahun lalu. Pada saat yang sama, menurut New York Times, pendapatan digital akhirnya mencapai titik di mana ia bisa menutupi kerugian penjualan CD yang menurun.

Sumber: The NDP Group via Arstechnica

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir