Perangkat Rujukan Tizen Muncul di Tizen Developer Conference


Perangkat Rujukan Tizen Muncul di Tizen Developer Conference

Peluncuran ponsel developer secara umum mengindikasikan kedatangan sistem operasi baru dalam beberapa bulan ke depan, dan dalam hal ini, Tizen.

Beberapa perusahaan di Tizen Developer Conference 2012 yang diselenggarakan di San Fransisco terlihat menggunakan perangkat rujukan yang disediakan oleh Smasung untuk demo. Dari segi tampilan, Tizen unit developer mirip dengan Apple iPhone dengan tombol home bulat di bagian bawah layar Super AMOLED 4,65 inci.

Tak mengejutkan, antarmuka Tizen 1.0 serupa dengan Google Android namun tidak menampakkan animasi dan transisi yang banyak ditemukan pada sistem operasi mobile masa kini. Tizen 1.0 juga mendukung jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Dilengkapi dengan prosesor dual-core 1,2 GHz dan RAM 1 GB, Tizen untuk developer tersebut berjalan dengan lancar. Spesifikasi lainnya termasuk kamera belakang 8 megapiksel, kamera depan 2 megapiksel, kapasitas penyimpanan 16 GB, port microUSB, konektivitas WiFi dan GPS.

Linux Foundation dan LiMo Foundation mengumumkan peluncuran Tizen di September 2011 sebagai sistem operasi mobile open source berbasiskan Linux. Intel dan Samsung bersama-sama mendukung upaya pengembangan Tizen. Awal tahun ini, Samsung mengungkapkan rencananya untuk menggabungkan sistem operasi mobile mereka, bada, dengan Tizen. Samsung juga menyatakan bahwa “paling tidak satu atau dua” perangkat yang menggunakan Tizen akan dirilis tahun ini.

Masih terlalu dini untuk menentukan apakah Tizen akan sukses sebagai sistem operasi mobile karena pasar saat ini sedang dikuasai oleh Apple iOS dan Google Android. Microsoft Windows Phone 7 belum mampu bersaing, sedangkan RIM sedang menyiapkan BlackBerry 10 OS yang akan dirilis akhir tahun ini. Akankan Tizen menjadi besar dalam waktu dekat?

Sumber: Tizen Talk via Engadget

 

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir