Peretas Telah Mengakses Data Pribadi 29 Juta Akun Facebook


Peretas Telah Mengakses Data Pribadi 29 Juta Akun Facebook

Dua minggu setelah mengungkapkan kebocoran keamanan terbesarnya, Facebook menyampaikan informasi terbaru terkait penyelidikannya.

Menurut pernyataan Facebook, para peretas berhasil mencuri token akses 30 juta akun Facebook yang memungkinkan mereka mendapatkan akses profil pengguna. Jumlah tersebut turun dari perkiraan awal sebanyak 50 juta akun. Gelombang pertama aktivitas peretasan muncul pada 14 September sebelum diidentifikasi Facebook sebagai serangan jahat 11 hari kemudian.

Dari 30 juta akun tersebut, peretas berhasil mengakses informasi kontak seperti nama, email maupun nomor telepon milik 14 juta akun. Informasi lainnya seperti jenis kelamin, agama, lokasi, informasi perangkat, dan 15 pencarian terbaru telah diakses para hacker pada 15 juta akun. Para peretas tidak mengakses informasi dari satu juta akun sisanya.

Yang paling penting, tidak ada data yang diambil dari aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke Facebook yakni Instagram, Messenger, dan WhatsApp. Facebook akan memberitahu 30 juta pengguna Facebook melalui Help Center dalam beberapa hari ke depan.

Sumber: Facebook via The Verge

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir