Qualcomm Umumkan Chipset Baru Untuk Wearable


Qualcomm Umumkan Chipset Baru Untuk Wearable

Seperti yang dijanjikan oleh Qualcomm tahun ini, akan hadir chipset baru yang secara spesifik dirancang untuk perangkat wearable dengan klaim daya tahan baterai lebih baik.

Untuk memenuhinya, Qualcomm baru saja mengumumkan Snapdragon Wear 3100, penerus dari Snapdragon Wear 2100 yang dirilis di 2016. Arsitektur prosesor tersebut terdiri dari inti pemrosesan berperforma tinggi quad-core A7, sebuah DSP terintegrasi, dan co-processor hemat daya.

Fitur utama dari Wear 3100 adalah perbaikan konsumsi daya chip yang memungkinkan daya tahan baterai lebih panjang – Qualcomm mengklaim menyediakan 4 hingga 12 jam penggunaan lebih panjang! Qualcomm juga menyatakan bahwa smartwatch dengan Snapdragon Wear 3100 yang mengusung baterai 450 mAh mampu bertahan hingga 15 jam dengan GPS dan monitor detak jantung 24/7.

Fitur penting lainnya adalah co-processor Qualcomm QCC1110 yang dioptimalkan untuk daya ultra-rendah saat operasional dan berfungsi sebagai teman kompeten untuk prosesor utama. Co-processor tersebut memiliki “deep learning enginie” untuk beban kerja kustom seperti deteksi keyword.

Peningkatan kekuatan pemrosesan platform tersebut dan co-processor khusus memungkinkannya menghadirkan pengalaman baru pada smartwatch berbasis Google Wear OS:

  • Mode Ambient yang ditingkatkan – Menghadirkan jam tangan bergaya dengan pilihan hingga 16 warna, komplikasi hidup, dan peningkatan tingkat kecerahan.
     
  • Pengalaman khusus sport – Dirancang agar pengguna aktif bisa melakukan olah raga ekstrim dengan durasi lebih panjang, menggunakan GPS dan monitor detak jantung secara kontinyu.
     
  • Mode jam tangan tradisional – Memungkinkan pengguna menikmati kecantikan jam tangan dengan durasi lebih panjang.

Spesifikasi lainnya termasuk dukungan konektivitas data seluler dan non-seluler dengan kecepatan download hingga 1 Gbps dan upload mencapai 150 Mbps.

Snapdragon Wear 3100 telah diproduksi massal dan dikapalkan. Rekanan ritel termasuk Fossil Group, Louis Vuitton, dan Montblanc.

Sumber: Qualcomm via GSMArena

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir