Router D-Link seri DIR-800 Miliki Rongga Keamanan Zero-Day


Router D-Link seri DIR-800 Miliki Rongga Keamanan Zero-Day

Ada kabar tidak mengenakkan bagi Anda para pemilik router D-Link. Seorang peneliti keamanan telah menemukan rongga keamanan zero-day yang memengaruhi sejumlah router D-Link. Akibatnya, Agensi keamana cyber Singapura dan Infocomm Media Development Authority telah mengeluarkan himbauan bersama.

Menurut himbauan tersebut, rongga keamanan zero-day telah ditemukan di sejumlah router D-Link seri DIR-800. Router yang terdampak adalah sebagai berikut:

  • D-Link DIR-850L
  • D-Link DIR-885L
  • D-Link DIR-890L
  • D-Link DIR-895L

Himbauan tersebut juga mengatakan bahwa router-router tersebut bisa diretas untuk menginstal firmware jahat atau bisa dimanipulasi untuk mencuri data pengguna.

Sebagai respon, D-Link menyatakan telah membentuk gugus tugas dan tim manajemen produk yang “siap siaga” untuk mengatasi ancaman keamanan yang terus berkembang dan untuk mengimplementasikan langkah-langkah keamanan.

Lebih penting lagi, D-Link juga menyampaikan bahwa pembaruan firmware akan tersedia pada 19 September. Bagi para pemilik, sebaiknya melakukan pembaruan firmware router D-Link Anda.

Untuk sementara, D-Link merekomendasikan langkah-langkah berikut untuk melindungi diri:

  1. Reset router ke seting default pabrik.
  2. Matikan fitur admin WAN jarak jauh.
  3. Jangan mengakses router melalui Wi-Fi publik.
  4. Ganti password SSID dan kode PIN untuk mencegah pengguna luar mengakses LAN.
  5. Ubah password administrator router. Gunakan password baru yang kuat.

Sumber: SingCERT

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir