Rumor: Apple Berencana Gabungkan Aplikasi macOS dan iOS


Rumor: Apple Berencana Gabungkan Aplikasi macOS dan iOS

Menurut laporan, Apple dikabarkan berencana menggabungkan aplikasi iOS dan macOS untuk menciptakan pengalaman pengguna tunggal.

Memiliki kode nama “Marzipan”, proyek tersebut dirumorkan bakal hadir tahun depan dan kemungkinan diumumkan pada WWDC tahun depan.

Langkah ini tampaknya akan memberikan Mac App Store sebuah peningkatan, yang mana menurut laporan merupakan “sebuah kota mati dengan program yang jarang diperbarui”.

Rencananya adalah untuk mengkreasi satu aplikasi yang berfungsi di semua perangkat tanpa memperdulikan apakah itu iOS atau macOS, pengguna akan mendapatkan update dan fitur terbaru.

Proyek ini juga dapat mempermudah kerja para pengembang karena mereka akan dapat mendesain satu aplikasi yang akan berfungsi dengan layar sentuh, mouse, atau trackpad. Hal tersebut menghemat waktu para pengembang lantaraan saat ini mereka harus merancang aplikasi untuk dua platform terpisah – iOS dan macOS.

Pengembang aplikasi Steven Troughton-Smith menjelaskan bahwa proyek ini dapat memungkinkan kedua platform untuk “berkembang sebagai satu, dan tidak ada pengorbanan satu sama lain”. Dirinya juga mengatakan ini “perubahan terbesar pada platform software Apple sejak iOS dikenalkan”.

Hal ini juga menjadi bagian dari rencana besar Apple untuk menyatukan software dan hardware-nya.

Apple memutuskan bertahun-tahun lalu mereka akan merancang prosesor milik sendiri untuk iPhone dan telah banyak spekulasi bahwa mereka akan melakukan hal yang sama untuk Mac.

Memiliki platform aplikasi menyatu akan mempermudah Mac untuk menggunakan prosesor milik Apple sendiri suatu hari nanti.

Sumber: Bloomberg

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir