Samsung Akan Dilengserkan Intel di Pasar Semikonduktor Pada 2019


Samsung Akan Dilengserkan Intel di Pasar Semikonduktor Pada 2019

Tidak ada yang mampu mempertahankan gelar sebagai pemimpin pasar. Menurut laporan Gartner terbaru, Samsung diperkirakan akan menyerahkan mahkota penguasa pasar semikonduktor kepada Intel di 2019, atau sekitar dua tahun setelah Samsung merebut mahkota tersebut dari Intel di 2017. Penguasaan pasar semikonduktor oleh perusahaan asal Korea Selatan tersebut dianggap rentan.

Gartner menyebutkan ada pelambatan pertumbuhan pendapatan semikonduktor di tingkat global dari 21,9 persen di 2016 hingga 2017 menjadi hanya 12,5 persen dari 2017 dan 2018. Penurunan tersebut diakibatkan oleh turunnya pertumbuhan memori yang pernah mengalami pertumbuhan 61,8 persen antara 2016 dan 2017, tapi hanya bertumbuh 24,9 persen di 2017 hingga 2018.

Melambatnya pertumbuhan memori seiring dengan kabar di Maret bahwa harga DRAM turun drastis sejak 2011. Selain itu, IHS Markit, sebuah firma riset berbasis di London, mengatakan bahwa pasar DRAM diperkirakan menurun 22 persen YoY di 2019 dikarenakan oleh melemahnya permintaan. Sebagai respon, pabrikan DRAM mengurangi produksi sebagai upaya menstabilkan harga dan menurunkan pasokan yang berlebih.

Samsung merupakan salah satu pabrikan DRAM yang mengonfirmasi telah mengurangi pasokan pada September tahun lalu, tapi tetap memimpin industri DRAM dengan selisih besar. Menurut IHS, pangsa pasar Samsung di pasar DRAM mengecil dan mengeluarkan peringatan pendapatan yang tidak sesuai karakteristik di Maret dengan menyatakan bahwa penurunan permintaan smartphone dan memori menyebabkan Samsung berperforma tidak sesuai harapan.

Selain itu, mengingat bahwa Samsung dikabarkan meraup 88 persen pendapatannya dari pasar DRAM, maka pertumbuhan yang melambat bakal menjadi pukulan telak. Semua itu bisa membukajalan bagi Intel untuk kembali mengungguli Samsung, meskipun bukan tanpa tantangan. Saat ini, Intel sedang menghadapi kendala kelangkaan prosesor yang memengaruhi penjualan CPU dan bisa jadi memburuk yang memaksa sejumlah vendor beralih ke AMD untu memenuhi permintaan.

Bagaimanapun, menurut laporan IC Insight, Intel diperkirakan mendapatkan pertumbuhan pendapatan memori sekitar 1 persen di 2019 yang seharusnya cukup untuk menggulingkan Samsung di tahta penguasa pasar. Meski demikian, flash NAND memiliki kontribusi yang kecil terhadap pendapatan Intel, sehingga diperkirakan tidak mampu bertahan sebagai penguasa pasar semikonduktor dalam waktu yang panjang.

Sumber: Gartner

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir