Samsung Diperkirakan Alami Penurunan Keuntungan Dalam Dua Tahun


Samsung Diperkirakan Alami Penurunan Keuntungan Dalam Dua Tahun

Melambatnya pertumbuhan ekonomi di China tdak hanya memengaruhi Apple karena diperkirakan berdampak pula terhadap laporan pendapatan kuartal keempat Samsung.

Menurut Reuters, data dari Institutional Brokers’ Estimate System (IBES) memperkirakan Samsung mengalami penurunan keuntungan operasional sebesar 12% dibandingkan dengan tahun lalu menjadi US$11,85 miliar. Jika benar, maka akan menjadi penurunan keuntungan operasional per kuarta pertama dalam dua tahun.

“Penurunan permintaan di China akan kian memperburuk penjualan chip besutan Samsung. Dan pasar smartphone China secara umum stagnan dan menurun yang tidak hanya memengaruhi Apple tapi juga Samsung,” kata Song Myung-sup, analis senior di HI Investment & Securities kepada Reuters.

Pendapatan diperkirakan turun 5% karena pengapalan chip memori yang lebih rendah. Keuntungan di unit bisnis smartphone juga diperkirakan turun seperlimanya. Keuntungan operasional keseluruhan di bisnis chip diperkirakan turun 3,7% dibandingkan dengan setahun lalu.

Samsung diperkirakan akan menghadapi tantangan lebih besar tahun ini karena melemahnya ekonomi China dan perang dagang China-A.S. yang masih berlangsung.

Sumber: Reuters

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir