Samsung Gabungkan BADA OS dengan Tizen


Samsung Gabungkan BADA OS dengan Tizen

Cukup mengejutkan, Samsung akan menggabugnkan sistem operasi mobile buatan mereka, bada, dengan Tizen yang berbasikan Linux.

Menurut Forbes, Tae-Jin kang, Senior Vice President of Samsung Contents Planning Team, mengungkapkan rencana Samsung dalam sebuah wawancara di Consumer Electronics Show (CES) 2012 minggu lalu. Meskipun proses penggabungan kedua platform telah berjalan, namun Kang menegaskan bahwa transisinya masih memerlukan waktu.

Rencana produk software yang terintegrasi di masa depan masih belum jelas saat ini tapi Kang mengatakan bahwa Samsung akan merilis “paling tidak satu atau dua” perangakt yang berjalan pada Tizen tahun ini. Aplikasi bada saat ini kompatibel dengan Tizen dan Samsung menjamin terus mendukung aplikasi yang ditulis menggunakan SDK bada.

Sejak paluncurannya di 2010, bada OS telah digunakan di beberapa perangkat Samsung seperti Wave S8500 dan S8530 Wave II. Meskipun OS mobile tersebut tidak sepopuler Apple iOS dan Google Android, bada menunjukkan potensi besar dengan antarmuka ramah pengguna. The Tizen project, di sisi lain, diluncurkan pada September 2011 oleh Linux Foundation sebagai OS mobile open soure.

Sumber: The Forbes via The Verge

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir