Samsung Galaxy Fold, Smartphone Mewah Pembuka Era Perangkat Lipat


Samsung Galaxy Fold, Smartphone Mewah Pembuka Era Perangkat Lipat

Samsung Galaxy Fold akhirnya diumumkan di acara Unpacked. Smartphone premium tersebut membuka jalan era smartphone dan perangkat lipat. Saat dalam keadaan terlipat, smartphone mewah tersebut menampilkan layar 4,6-inci dan saat dalam keadaan tak terlipat, layar internalnya menyuguhkan bentang diagonal 7,3-inci.

Layar Infinity Flex 7,3-inci memiliki resolusi 2152 x 1536 piksel, sedangkan layar depan berukuran 4,6-inci dengan resolusi 1960 x 840 piksel.

Total terdapat enam kamera pada Galaxy Fold, kamera selfie 10 MP f/2.2 di bagian luar penutup, tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera 16 MP f/2.2 sudut ultra lebar, kamera 12 MP bersudut lebar dengan aperture f/1.5 – f/2.4, otofokus dual piksel dan stabilisasi gambar optikal, dan kamera 12 MP f/2.4 telefoto dengan zoom optikal 2x.

Ada sepasang kamera depan di pinggir kanan layar Infinity Flex yang terdiri dari kamera selfie 10 MP f/2.2 dan kamera RGB 8 MP dengan aperture f/1.9.

Di bagian internal, tertanam prosesor cota-core 64-bit 7 nm, RAM 12 GB, dan media penyimpanan 512 GB. Tidak ada slot untuk opsi ekspansi microSD.

Galaxy Fold dilengkapi dengan dua baterai terpisah yang memiliki total kapasitas sebesar 4380 mAh. Setiap baterai berada di kedua sisi layar Infinity Flex. Engsel smartphone lipat tersebut tersusun atas gerigi yang saling terhubung dan dirancang mampu bertahan hingga “ratusan ribu” kali aktivitas melipat.

Selain memperkenalkan faktor bentuk smartphone tarbarunya, Samsung harus mengembangkan antarmuka pengguna (UX) yang unik untuk memaksimalkan penggunaan layar Infinty Flex 7,3-inci yang tersedia. Terdapat fitur Multi-Active Window di mana pengguna bisa menggunakan hingga tiga aplikasi secara bersamaan. Fitur App Continuity memungkinkan pengguna melakukan transisi dari penutup depan saat terlipat ke layar Infinity Flex secara halus dan sebaliknya.

Samsung Galaxy Fold menjalankan Android 9 dan akan dikapalkan pada 26 April dengan banderol US$1980 (~Rp. 27,7 juta-an). Galax Fold akan ditawarkan dalam empat varian warna yakni Cosmic Black, Space Silver, Martian Green atau Astral Blue. Warna engsel juga bisa ditentukan oleh konsumen, tergantung pada warna smartphone yang dipilih.

(Sumber: Samsung (1)(2))

 

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir