Samsung Tizen OS Menjadi Impian Para Hacker Dengan 40 Kerentanan


Samsung Tizen OS Menjadi Impian Para Hacker Dengan 40 Kerentanan

Tizen OS besutan Samsung yang banyak diyakini menjadi pengganti Android di perangkat mendatang mereka, membutuhkan perbaikan besar-besaran karena kecacatan keamanan serius.

Setelah muncul pemberitaan tentang CIA yang memiliki alat untuk meretas smart TV Samsung berkelengkapan Tizen, peneliti keamanan asal Israel, Amihai Neiderman melakukan investigasi dan menemukan 40 kerentanan zero-day di dalam kodenya. Kerentanan zero-day merupakan rongga keamanan yang belum diketahui yang bisa dimanfaatkan oleh para hacker untuk menanamkan virus, trojan, maupun malware.

Yang membuat rongga keamanan tersebut mencemaskan adalah hacker bisa mengendalikan perangkat Tizen via ekskusi kode jarak jauh tanpa perlu alamat fisik perangkat tersebut. Kerentanan paling penting terletak pada desain Tizen Store yang memungkinkan hacker mengirimkan kode jahat ke perangkat Tizen.

Neiderman sangat mengkritik Tizen OS yang ia nyatakan sudah lawas dan berbasiskan Bada OS. Sebagian besar kerentanan juga ditemukan dalam kode yang ditulis dua tahun lalu.

"Bisa jadi merupakan kode paling buruk yang pernah saya temukan,” tuturnya kepada Motherboard sebelum menyampaikan laporan risetnya di ajang Kaspersky Lab Security Analyst Summit di pulau St. Maarten pada Senin. “Segala kesalahan yang bisa Anda lakukan, mereka melakukannya. Anda bisa lihat kode ini ditulis atau diawasi oleh orang yang tidak memahami tentang keamanan. Seperti meminta mahasiswa untuk membuat software Anda.”

Ia mencoba menghubungi Samsung beberapa bulan lalu, tapi hanya mendapatkan balasan email otomatis. Setelah berita tentang kerentanan ini terkuak, Samsung akhirnya mengirimkan pernyataan berikut:

“Kami berkomitmen penuh untuk bekerjasama dengan Mr. Neiderman guna mengatasi potensi kerentanan. Melalui prgram SmartTV Bug Bounty, Samsung berkomitmen untuk bekerjasama dengan ahli keamanan di seluruh dunia guna mengatasi risiko keamanan apapun.”

Tizen saat ini berjalan di lebih dari 30 juta Samsung Smart TV dan bisa pula ditemukan pada perangkat wearable dan smartphone besutan raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut. Tizen OS juga bakal berjalan di mesin cuci dan kulkas dan waktu dekat.

Sumber: motherboard.vice via SamMobile

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir