Samsung Umumkan Galaxy Watch Active


Samsung Umumkan Galaxy Watch Active

Samsung telah mengumumkan lini baru perangkat wearable yang ditujukan bagi pengguna yang peduli dengan kebugaran. Di acara Galaxy Unpacked di San Fransisco, Samsung mengumumkan smartwatch Galaxy Watch Active dan sport band Galaxy Fit dan Fit e, seluruhnya mengusung fitur yang fokus pada kesehatan dan kebugaran.

Galaxy Watch Active merupakan versi terbaru dari smartwatch unggulan Galaxy Watch besutan Samsung dan kini bisa memonitor tekanan darah Anda yang menjadi kemampuan baru pada wearable Samsung. Fitur tersebut akan tetap dalam versi beta beberapa saat seteah peluncuran, tapi Anda bisa mengunduh Samsung My BP Lab App mulai 15 Maret.

Desain tersebut juga telah diubah dan Samsung telah menanggalkan bezel bundar khasnya. Smartwatch tersebut kini bergantung pada dua tombol di bagian sisi dan menyapu antarmuka untuk navigasi. Sayangnya, meskipun smartwatch tersebut tidak membutuhkan bezel, tapi layar Gorilla Glass 3 1,1-inci 360 x 360 piksel tetap dibingkai oleh batas berwarna hitam yang tergolong tebal.

Active juga lebih tipis dari pendahulunya sehingga seharusnya lebih nyaman saat digunakan berolah raga. Bodinya terbuat dari aluminium dan berkuran sedikit lebih kecil dari sebelumnya dan memiliki perwajahan jam lebih kecil 40 mm. Tersedia empat varian warna pilihan yakni perak, hitam, emas, dan hijau.

Galaxy Watch Active menjalankan sistem operasi Samsung Tizen dan mengusung chip dual-core Exynos 9110 1,15 GHz, RAM 768 MB, dan media penyimpanan 4 GB. Selain itu, tersedia baterai 230 mAh yang mendukung wireless charging berbasis WPC, termasuk via smartphone Galaxy S10.

Galaxy Watch Active mampu memantau dan secara otomatis mendeteksi 39 aktivitas olah raga berbeda, termasuk di antaranya bersepeda hingga berlari dan berenang, sehingga Anda tidak perlu memilihnya secara manual. Sensor detak jantung optikal di bagian belakang juga bisa memantau detak jantung dan kalori yang terbakar.

Di sisi lain, Galaxy Fit dan Fit e merupakan fitness tracker yang menjalankan Tizen OS versi sederhana yang disebut Samsung sebagai Realtime OS. Seperti Watch Active, keduanya mampu mendeteksi aktivitas olah raga secara otomatis dan ketahanan di dalam air dengan tekanan hingga 5 ATM. Tersedia pula fitur monitor tidur yang memungkinkan keduanya memantau tahapan tidur pengguna dan fitur manajemen stress yang mengingatkan pengguna beristirahat sejenak untuk menarik nafas dan rileks.

Galaxy Fit dan Fit e juga dilengkapi dengan layar persegi berukuran lebih kecil. Galaxy Fit memiliki layar AMOLED 0,95-inci, gyroscope, dan accelerometer, tapi tidak memiliki GPS. Galaxy Fit e yang lebih terjangkau tidak mengusung fitur-fitur tersebut karena hadir dengan layar lebih kecil PMOLED hitam-putih, baterai lebih kecil, dan tanpa gyroscope. Wireless charging juga hanya tersedia di Galaxy Fit e mengisi ulang baterai via pin pogo.

Terakhir, seluruh wearable baru hanya Wi-Fi, sehingga perlu dipasangkan dengan smartphone iOS maupun Android.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir