Samsung Umumkan Teknologi Nirkabel 5G


Samsung Umumkan Teknologi Nirkabel 5G

 Samsung mengumumkan teknologi nirkabel 5G generasi baru yang digadang-gadang akan memiliki kecepatan transmisi ratusan kali lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 4G saat ini. Sedang dalam proses pengujian, teknologi baru 5G milik Samsung beroperasi pada pita frekuensi gelombang milimeter Ka untuk komunikasi seluler.

Teknologi komunikasi mobile 5G milik Samsung merupakan generasi baru dari teknologi 4G Long Term Evolution (LTE) saat ini. 5G diperkirakan akan tersedia pada 2020; namun, dulu pelaksanaannya menghadapi rintangan karena lebarnya pita frekuensi yang diperlukan untuk pengoperasiannya. Menurut Samsung, pita frekuensi gelombang milimeter Ka tersebut tidak memiliki kecepatan jarak jauh yang baik lantaran karakteristik propagasi yang kurang sempurna.

Samsung telah mengatasi masalah tersebut dengan teknologi adaptive array transceiver baru miliknya, yang menggunakan enam puluh empat elemen antena guna mengatasi penurunan propagasi radio. Teknologi transreceiver tersebut mengirim data dalam jalur gelombang milimeter pada frekuensi 28 GHz, dengan kecepatan hingga 1,056 Gbps yang mencakup jarak hingga 2 kilometer. Frekuensi tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan layanan 4G LTE yang hanya memiliki rentang frekuensi 1,8 hingga 2,6 GHz.

Samsung ingin menggiatkan penelitian komunikasi seluler di seluruh dunia dan akan memicu terbentuknya aliansi internasional serta komersialisasi layanan broadband mobile yang berhubungan dengan konten ultra high-definition (UHD) dan 3D “praktis tanpa batas”. Sepertinya kehadiran layanan 5G akan menjadi sebuah penantian yang panjang bagi Indonesia karena jaringan 4G LTE pun belum tersedia.

(Sumber: Samsung Electronics)

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir