Setahun Hadir di Indonesia, Spotify Telah Mainkan Lebih Dari 3,9 Miliar Lagu


Setahun Hadir di Indonesia, Spotify Telah Mainkan Lebih Dari 3,9 Miliar Lagu

Layanan streaming musik asal Swedia, Spotify, merayakan satu tahun kehadirannya di pasar tanah air. Indonesia merupakan pasar Spotify di Asia dengan pertumbuhan tercepat dan sudah memutar lebih dari 3,9 miliar lagu dengan waktu pemutaran lebih dari 11 miliar menit sejak peluncurannya tahun lalu. Rata-rata pengguna di tanah air menghabiskan 162 menit per harinya saat menikmati layanan Spotify.

“Dukungan dan cinta yang kami terima dalam setahun ini sangatlah membesarkan hati,” kata Sunita Kaur, Managing Director Spotify untuk Asia. “Kami sangat bersyukur atas animo positif para pengguna di Indonesia. Spotify menyajikan lagu dan musik Indonesia dari berbagai genre, daerah, dan generasi yang setara dengan lagu dan musik dari belantara dunia internasional lainnya; ini yang membuat kami menjadi favorit di sini.”

Kaur melanjutkan: “Masyarakat Indonesia sangat menyukai lagu-lagunya, terutama jika tersedia di sebuah platform yang dapat mempertemukan masyarakat dan komunitas. Kami ingin terus mengembangkannya, dan memastikan bahwa setiap orang dapat menikmati lagu favoritnya, dan berkesempatan untuk mendapatkan lagu-lagu terbaru dari artis-artis lokal yang sedang naik daun.”

Spotify tidak mengungkap jumlah pengguna atau pelanggannya di Indonesia. Tapi secara global, Spotify mengklaim memiliki lebih dari 100 pengguna, di mana 50 juta di antaranya merupakan pelanggan berbayar. Spotify juga mengklaim telah membayar biaya royalti hingga US$ 5 miliar dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Di sisi industri musik global, menurut International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), 50% pendapatan musik berasal dari layanan streaming.

Sejak peluncurannya, Spotify telah memperkenalkan bebagai fitur yang melengkapi kebiasaan para penggunanya di Indonesia. Setiap pelanggan bisa menikmati sesuatu yang berbeda melalui fitur-fitur seperti Browse, Discover Weekly atau Daily Mix. Berkat jajaran fitur tersebut, pengguna tidak hanya menikmati lagu dan musik yang bisa didengarkan tapi juga bisa menemukan lagu dan artis serta jenis musik baru. Bagi Anda yang menginginkan lirik, Spotify akan menghadirkan fitur lirik ke depannya setelah diluncurkan di Jepang sekitar enam bulan lalu.

Sejak Januari 2017, lagu yang paling populer di Spotify Indonesia adalah Shape of You, yang dinyanyikan oleh Ed Sheeran, yang juga adalah penyanyi paling populer di Spotify Indonesia. Sementara itu, playlist Top Hits Indonesia adalah salah satu playlist lokal yang paling sering diputar, diikuti dengan Hits Banget dan Kopikustik.

Meskipun Spotify adalah merek global, Spotify juga mendukung industri musik tanah air. Spotify menampilkan musik lokal terbaik dari berbagai genre (termasuk dangdut) dan daerah, bersanding bersamaan dengan musik dari berbagai penjuru dunia. Sebagai bagian dari penyediaan konten lokal, Spotify Indonesia merangkul enam musisi baru di playlist Early Noise 2017. Mereka adalah Bakhes, Gloria Jessica, Maruli Tampubolon, Rendy Pandugo, Soundwave, dan Vira Talisa.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir