Setahun Tak Gunakan Facebook, Sejumlah Pengguna Minta Bayaran Lebih Dari US$1000


Setahun Tak Gunakan Facebook, Sejumlah Pengguna Minta Bayaran Lebih Dari US$1000

Meskipun mengalami sejumlah masalah privasi dan perannya dalam menyebarkan berita bohong, banyak orang yang masih menggunakan layanan Facebook. Anda bahkan harus membayar mahal untuk meyakinkan mereka agar berhenti menggunakan Facebook.

Sebuah studi bersama yang melibatkan para peneliti dari empat universitas mewawancarai partisipan berapa bayaran yang bisa diterima untuk berhenti menggunakan Facebook selama satu hari, tiga hari, tujuh hair, dan satu tahun. Untuk mendapatkan jawaban jujur, para peneliti benar-benar harus membayar partisipan sesuai periode waktu yang telah disepakati.  

Temuan studi tersebut mengungkapkan bahwa rata-rata besaran bayaran untuk berhenti menggunakan Facebook selama satu dan tiga hari berturut-turut US$4,17 dan US$13,89. Jumlah tersebut meningkat hingga US$37 untuk satu minggu dan angka tersebut melambung untuk periode satu tahun yakni antara US$1139 hingga US$2076 berdasarkan demografi berbeda.

“Kami menemukan bahwa secara konsisten, rata-rata, pengguna mesti dibayar lebih dari US$1000 setahun untuk tidak menggunakan Facebook,” kata Corrigan. Konektivias menjadi hal yang menambahkan nilai atau menurut istilah ekonomi, network externality. “[Jejaring sosial] lebih berharga saat ada lebih banyak orang yang menggunakannya dan Facebook adalah jejaring sosial terbesar di dunia.”

Para peniliti menekankan bahwa studi ini tidak menyatakan agar Facebook harus menarik bayaran US$1000 setahun untuk menggunakan layanannya. Para peneliti hanya tertarik untuk “melihat nilainya di mata masyarakat, terutama penggunanya”.

Sumber: Ars Technica via 9to5Mac

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir