Sony Indonesa Luncurkan Kamera Saku Digital Premium, RX100 VI


Sony Indonesa Luncurkan Kamera Saku Digital Premium, RX100 VI

Sony RX100 V diakui sebagai kamera saku memikat berkat sistem Fast Hybrid AF yang menggunakan sistem otofokus berbasiskan Phase dan Contrast – pertama di kamera saku. Kini, Sony meningkatkannya melalui RX100 VI yang diklaim sebagai kamera saku digital dengan kecepatan otofokus tercepat di dunia hanya 0,03 detik. Meski demikian, RX100 VI bukanlah penerus RX100 V karena Sony menghadirkannya sebagai pelengkap lini kamera saku digital premium seri RX100.

RX100 VI mengusung sensor CMOS Exmor RS 1-inci tipe bersusun dengan resolusi 20,1 MP. Sensor tersebut didukung dengan chip DRAM dan peningkatan sistem pengolahan gambar BIONZ X dengan front-end LSI untuk kecepatan pengolahan maksimum. Jika terdengar familier, itu karena kombinasi tersebut diusung pula oleh Sony A9.

Berbekal spesifikasi tersebut, RX100 VI mampu memotret secara kontinyu hingga 24 FPS pada resolusi penuh dengan AF kontinyu diaktifkan dan mencapai 233 gambar JPEG (kualitas: Fine). Kini tersedia pilihan perekaman video 4K dengan piksel penuh dan tanpa binning piksel, serta tersedia sistem Fast Hybrid dengan 315 titik AF phase-detection yang memungkinkannya mendapatkan fokus hingga 0,03 detik. Sony mengklaimnya sebagai kamera digital dengan tipe sensor 1 inci tercepat di dunia.

Fitur unggulan dari kamera baru ini adalah lensa ZEISS Vario-Sonnar T* 24-200 mm F2.8 – F4.5 (setara format 35 mm). Lensa tersebut menggunakan dua elemen kaca aspherical ED (extra-low dispersion) dan delapan elemen lensa spherical termasuk empat lensa AA (Advanced Aspherical) untuk menghadirkan ketajaman dari sudut-ke-sudut di seluruh panjang fokal.

RX100 VI dilengkapi pula dengan stabilisasi gambar Optical SteadyShot yang menyediakan kompensasi hingga 4-stop. Fitur stabilisasi gambar merupakan fitur penting terutama untuk kamera dengan panjang fokal lensa lebih panjang. RX100 VI juga memiliki fitur shutter anti-distorsi pada kecepatan tinggi (kecepatan shutter maksimum 1/32000) yang mengurangi efek rolling shutter dan memungkinkan Anda memotret tanpa suara.

Pertama di seri RX100, RX100 VI mendapatkan fungsi touch shutter, kendali zoom dengan kecepatan zoom yang bisa diatur, dan LCD yang melipat 180 derajat ke atas atau 90 derajat ke bawah untuk kemudahan selfie maupun foto dengan sudut pemotretan ekstrim. Layar di bagian belakang kamera bertipe OLED XGA Tru-Finder berkontras tinggi dengan lapisan ZEISS T* dan 2,35 juta dot. Jendela bidik elektronik (EVF) bisa disembunyikan dan dikeluarkan dari dalam bodi kamera dan bisa diaktifkan dengan cepat hanya dengan menekan satu tombol.

Tersedia banyak pilihan konektivitas nirkabel yakni Wi-Fi, NFC, dan Bluetooth untuk kemudahan transfer gambar ke perangkat mobile dan membagikannya ke sosial media.

Harga dan ketersediaan

RX100 VI akan tersedia di tanah air pada akhir Agustus 2018 dan pre-order dimulai pada 27 Juli 2018 dengan stok terbatas.

Sony RX 100 VI akan dijual dengan harga Rp. 16.999.000 dan semua pembelian pre-order akan mendapatkan paket bundel eksklusif yaitu:

  • Leather case LCJ-RXF senilai IDR 999,000
  • Baterai NP-BX1 senilai IDR 439,000

Sumber: Sony

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir