Sony Konfirmasi PlayStation 5 Bakal Dukung Grafis 8K dan Ray Tracing


Sony Konfirmasi PlayStation 5 Bakal Dukung Grafis 8K dan Ray Tracing

Sony mengungkapkan kabar besar tentang penerus PS4. Pada sebuah wawancara dengan WIRED, Mark Cerny mengungkapkan sejumlah informasi menarik tentang hardware konsol game Sony mendatang. Mark Cerny bertindak sebagai pimpinan arsitektur sistem PS5 serta berperan pula pada pengembangan PS4.

Di sisi hardware, Mark Cerny menyatakan bahwa PS5 akan mengusung CPU berbasis lini AMD Ryzen yang berisi mikroarsitektur baru Zen 2 7 nm 8-core. Tertanam di dalamnya adalah GPU berbasis keluarga Radeon Navi. Mark Cerny mengungkapkan bahwa GPU tersebut meliputi dukungan ray-tracing.

Ray tracing merupakan teknik rendering yang mengahsilkan gambar dengan menelusuri jalur cahaya dan mensimulasikan efek interaksi cahaya tersebut di dalam lingkungan 3D. Sederhananya, ray tracing menajnjikan fidelitas grafis lebih tinggi. Mark Cerny mengklaim implementasian ray tracing bisa menghadirkan keunggulan pada audio dengan memungkinkan pengembang menjalankan pengujian pembuatan cara baru audio bergerak dari karakter ke lingkungan sekitar di dalam game.

Mark Cerny menjanjikan lompatan peningkatan audio lebih besar dari PS4 ke PS5, dibandingkan dengan peningkatan kecil dari PS3 ke PS4. Chip AMD juga meliputi unit kustom untuk audio 3D yang diyakini Cerny akan mendefinisi ulang suara game.

Informasi menarik lainnya adalah PS5 akan menggunakan media penyimpanan baru – tepatnya Solid State Drive (SSD) khusus. Mark Cerny mendemonstrasikan kekuatan SSD dengan menunjukkan waktu yang diperlukan untuk melakukan fast travel di game Spider Man 2018. Di PS4, fast travel dari satu lokasi ke lokasi lainnya perlu waktu 15 detik, tapi pada devkit generasi baru, fast travel hanya butuh waktu 0,8 detik.

Keunggulan SSD yang dihadirkan ke PS5 tidak berhenti di situ karena Mark Cerny mengklaim kecepatan pergerakan karakter di game akan terpengaruh secara positif berkat media penyimpanan baru itu. Keterbatasan kecepatan PS4 melakukan render dunia Spider-Man, maka kecepatan ayunan superhero di kota New York terbatas. Pada devkit baru, Mark Cerny mendemonstrasikan bahwa berkat SSD, Anda menjadi pilot dan Spider-Man berubah menjadi pesawat jet tempur dengan kecepatan tinggi.

Selain itu semua, PS5 juga menyediakan fitur yang paling banyak diminta pada konsol generasi baru Sony yakni kompatibilitas dengan PS4. Seluruh game PS4 bisa dijalankan di PS5. PS5 juga tidak mengikuti langkah Stadia dengan sepenuhnya digital, karena PS5 tetap bisa menampung media fisik seperti generasi sebelumnya. Mark Cerny juga menyatakan bahwa PS5 akan mendukung grafis 8K serta mendukung lini Sony PSVR generasi baru saat ini.

Sayangnya, Mark Cerny mengonfirmasi bahwa PS5 tidak akan dirilis di 2019. Ia menegaskan PS5 bukanlah pembaruan yang telah dibangun selama 4 tahun, tapi sebagai penerus yang pantas. Sony bahkan telah memberikan devkit lebih cepat agar para pengembang memiliki banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan kemampuan hardware baru. Ia juga menjanjikan transisi yang lembut antar generasi konsol di mana game mendatang akan dirilis untuk PS4 dan PS5.

Menariknya, Mark Cerny tidak merujuk konsol generasi baru Sony tersebut sebagai PS5, hanya ‘konsol generasi mendatang’.

Sumber: GameAxis

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir