Tanpa Aplikasi Facebook, Baterai Smartphone Bisa Dihemat 20%


Tanpa Aplikasi Facebook, Baterai Smartphone Bisa Dihemat 20%

 

Aplikasi Facebook di iOS membuat kehebohan tahun lalu saat diketahui menguras daya tahan baterai iPhone. Meskipun kendalal tersebut bisa diatasi melalui pembaruan aplikasi, sepertinya aplikasi Facebook masih tetap menguras daya tahan baterai dan kendala performa pada smartphone hingga kini.

Menurut The Guardian, blogger Android Russel Holly membuang (uninstall) aplikasi Facebook pada smartphone-nya di Januari dan menyadari adanya peningkatan performa. Itu membuat pengguna Reddit pbrander_eth tertarik untuk melakukan hal serupa dan mengungkapkan temuannya di bawah ini:

  1. Aplikasi lainnya bisa dibuka 15% lebih cepat
  2. Membuang aplikasi Facebook menghemat sekitar 20% daya tahan baterai setiap harinya.

Temuan tersebut memicu penulis The Guardian, Samual Gibbs untuk melakukan pengujian pada iPhone selama seminggu; ia membuang aplikasi Facebook dan mengakses situs jejaring sosial tersebut via Safari. Rata-rata, Samuel melaporkan daya tahan baterai 15% lebih panjang tiap harinya. Ia juga menemukan penghapusan aplikasi Facebook menghemat ruang penyimpanan karena aplikasi tersebut secara otomatis menyimpan sebuah cache di iPhone.

Menanggapi keuda laporan tersebut, juru bicara Facebook menyatakan bahwa Facebook sedang mempelajari masalah tersebut. Jadi, jika smartphone Android maupun iPhone kehabisan baterai, maka membuang aplikasi Facebook bisa sedikit memperpanjang daya tahan baterai.

Sumber: The Guardian (1) (2)

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir