Teknologi Wi-Fi 60 GHz Besutan Smasung Janjikan Kecepatan Hingga 4,6 Gbps


Teknologi Wi-Fi 60 GHz Besutan Smasung Janjikan Kecepatan Hingga 4,6 Gbps

 

Samsung baru saja mengumumkan telah mengembangkan teknologi baru Wi-Fi 60 GHz berdasarkan standar 801.11ad yang bisa menghadirkan kecepatan transfer hingga 4,6 Gbps atau 575 MB/detik. Kecepatan tersebut 2,7 kali lebih tinggi dibandingkan kecepatan maksimum 1,7 Gbps milik router kelas AC-2400.

Berkat kecepatan tinggi tersebut, file 1 GB bisa ditransfer dalam tempo 3 detik. Samsung juga mengatakan bahwa berkat teknologi Wi-Fi barunya, video HD tanpa kompresi bisa dibagi diberagam perangkat.

Kim Chang Yong, Head of DMC R&D Center of Samsung Electronics, mengatakan “Samsung berhasil mengatasi batasan komersialisasi pita gelombang-milimeter 60 GHz dari teknologi Wi-Fi dan berencana mengkomersialkan gebrakan teknologi tersebut. Perubahan dan inovasi baru siap dibenamkan pada perangkat Samsung mendatang dan di saat yang sama membuka peluang baru bagi pengembangan teknologi Wi-Fi di masa depan.”

Selain itu, Samsung juga mengatakan bahwa teknologi Wi-Fi barunya akan menjembatani celah antara kecepatan teoritis dan kenyataan karena teknologi baru tersebut menghilangkan gangguan co-channel yang disebagkan oleh perangkat di jaringan yang sama. Teknologi Wi-Fi baru tersebut juga mampu mengatasi karakteristik buruknya penetrasi sinyal frekuensi tinggi tersebut dengan mengembangkan antena berjankauan luas.

Samsung berencana mengkomersialisasikan teknologi baru teresbut tahun depan dan akan mengintegrasikannya pada produk terbarunya.

Sumber: Samsung

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir