Windows 10 Sediakan Mode Picture-in-Picture


Windows 10 Sediakan Mode Picture-in-Picture

Salah satu fitur baru yang ditambahkan Apple di iOS 9 dua tahun lalu untuk meningkatkan fungsi multi-tasking di iPad adalah mode Picture-in-Picture (PnP). Mode tersebut memungkinkan pengugna menonton video pada jendela lebih kecil di sudut layar dan terus melakukan aktivitas lainnya di bagian layar lainnya. Fitur menarik namun Microsoft, yang berambisi menghadirkan satu OS untuk seluruh platform, tidak menyediakannya. Hingga kini.

Di April, para pengguna Windows 10 yang telah mengistal Creators Update akan mendapatkan fitur multi-tasking tersebut. Microsoft menyebutnya jendela “Compact Overlay”, tapi tidak lain dan tidak bukan adalah mode Picture-in-Picture. Saat ini telah tersedia di versi Windows 10 terbaru untuk PC (15031), tapi hanya berlaku untuk aplikasi Universal Windows. Aplikasi terintegrasi seperti Movies & TV dan Skype merupakan beberapa aplikasi pertama yang mendapatkan fungsi anyar tersebut, tapi pengembang pihak ketika bisa menambahkan dukungan mode ini pada aplikasi UWA mereka.

Baru pula di build 1503 adalah Dynamic Lock (kode nama Windows Goodbye), sebuah fitur yang secara otomatis mengunci komputer Windows 10 saat Anda tidak di depannya berdasarkan kedekatan dengan ponsel yang terhubung via Bluetooth. Menarik untuk dicatat bahwa, tidak seperti Windows Hello, Dynamic Lock tidak menggunakan webcam untuk mendeteksi keberadaan pengguna. Dugaannya, tidak semua pengguna memiliki webcam atau mematikan maupun tidak menggunakan webcam karena alasan keamanan.

Terakhir, Microsoft telah memfinalisasi jajaran fitur untuk Windows 10 Creators Update. Antara kini dan rilis publik di April, Microsoft berupaya memburu dan mengenyahkan bug sebanyak mungkin.

Sumber: Microsoft.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir